Cara Pengisian SPT Online


Cara Pengisian SPT Online. pada kesempatan kali ini akan dibahas hal yang berkenaan dengan bagaimana cara mengisi Pajak Tahunan secara online melalui efiling. seperti telah diketahui bersama bahwa batas terakhir lapor spt online atau secara manual dengan datang langsung ke kantor pelayanan pajak (KPP pratama) terdekat adalah 31 maret 2016. mari memanfaatkan waktu yang tinggal sekitar 2 minggu ini untuk segera isi surat pemberitahuan pajak penghasilan perorangan atau pribadi. mengingat semakin dekat dengan deadline pelaporan spt efiling maka semakin sibuk server karena kemungkinan adanya pelonjakan masyarakat atau PNS yang input spt pajak secara online pada waktu yang bersamaan karena tidak ingin terlambat lapor pajak. namun jika anda belum melakukan registrasi di website Direktorat jenderal pajak silahkan baca Cara Daftar Pajak Online Efiling.

sebagaimana yang telah diketahui bahwa wajib pajak yang dapat praktek Cara Pengisian SPT Online adalah wajib pajak (wp) perorangan atau pribadi dengan pembedaan penghasilan pertahun dibawah 60 juta pertahun atau diatas nya. jika wajib pajak mempunyai penghasilan bruto dibawah Rp 60.000.000 per tahun maka menggunakan formulir SPT 1770SS dan jika lebih dari 60 juta maka menggunakan form SPT 1770S. adapun untuk wp badan maka masih harus secara manual dengan datang langsung ke kantor pelayanan pajak terdekat untuk pelaporan SPT tahunan karena belum tersedia menggunakan efiling. maka dari itu, ini adalah kesempatan baik bagi wajib pajak yang menggunakan formulir 1770s dan 1770ss untuk segera melakukan input SPT Online sesegera mungkin.

cara lapor stp tahunan online dapat dilakukan dengan datang langsung ke kpp pratama yang paling dekat dengan rumah anda atau melalui internet di website direktorat jenderal pajak atau DJPOnline. syarat untuk coba Cara Pengisian SPT Online dengan melakukan registrasi pajak online terlebih dahulu. adapun syarat untuk dapat daftar pajak di website pajak adalah dengan memiliki nomor atau kode efin serta NPWP. sementara jika anda masih belum punya no efin (elecronic filing identification number) dapat memperoleh di kantor pelayanan pajak terdekat dengan membawa formulir permohonan efin dan kartu NPWP serta fotokopi nya. info lebih lengkap silahkan baca Cara Mendapatkan Efin Pajak.

Artikel Terkait :
Pelaporan SPT Pajak Online Diperpanjang
Cara Mengisi SPT Tahunan Online
Cara Daftar Pajak Online E Filing
Cara Mendapatkan E FIN Pajak
Lupa Password Pengisian SPT Online

mohon maaf pada kesempatan kali ini tidak sedang menerangkan tentang bagaimana cara bayar pajak online e billing banking, lapor pajak tahunan untuk wajib pajak badan, SPT Online diundur, mendapatkan efin secara online karena hilang. akan tetapi yang akan dijelaskan kali ini adalah bagaimana Cara Pengisian SPT Online untuk wajib pajak perorangan dengan penghasilan bruto dibawah 60 juta per tahun dengan menggunakan formulir 1770SS berdasarkan pada lampiran spt tahunan pajak penghasilan pasal 21 form 1721 - A2.
Mengisi SPT Tahunan
Bukti SPT Pajak

Cara Pengisian SPT Online

untuk isi pajak online di website DJP siapkan nomor NPWP anda dan Password yang dikirimkan kepada anda ketika proses daftar spt tahunan di situs yang sama. jika sudah ada npwp dan sandi silahkan klik link website Direktorat jenderal pajak diakhir artikel ini untuk mengisi spt anda.

1. masukkan nomor NPWP dan password serta kode keamanan kemudian klik tombol Login.
Mengisi SPT Tahunan
situs Pajak
2. setelah masuk website DJP klik E-Filing pada pojok atas (tanda panah) untuk Pengisian SPT Online.
Mengisi SPT Tahunan
klik efiling
3. klik tombol Buat SPT untuk input data pajak anda.
Mengisi SPT Tahunan
klik buat spt
4. isilah 3 pertanyaan sesuai dengan keadaan anda. jika anda mengisi seperti pada gambar maka anda ditujukan kepada formulir SPT 1770 SS. klik tombol tersebut (tanda panah).

Pekerjaan Bebas adalah pekerjaan yang dilakukan oleh orang pribadi yang mempunyai keahlian khusus sebagai usaha untuk memperoleh penghasilan yang tidak terikat oleh suatu hubungan kerja. Pisah Harta adalah apabila, dikehendaki secara tertulis oleh suami-isteri berdasarkan perjanjian pemisahan harta dan penghasilan. Menjalankan Kewajiban Perpajakan Sendiri (MT) adalah apabila, dikehendaki oleh isteri yang memilih untuk menjalankan hak dan kewajiban perpajakannya sendiri.

Penghasilan Bruto adalah jumlah seluruh penghasilan bruto yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak sehubungan dengan pekerjaan selama Tahun Pajak yang bersangkutan dari setiap pemberi kerja. Penghasilan tersebut antara lain dapat berupa Gaji/uang pensiun/tunjangan hari tua (THT), Tunjangan PPh, Tunjangan lainnya, uang penggantian, uang lembur dan sebagainya, Honorarium, imbalan lain sejenisnya, Premi asuransi yang dibayar pemberi kerja, Penerimaan dalam bentuk natura dan kenikmatan lainnya yang dikenakan pemotongan PPh Pasal 21, dan Tantiem, bonus, gratifikasi, jasa produksi, THR.
Mengisi SPT Tahunan
klik SPT1770SS
5. isi tahun pajak dan status SPT. tahun pajak adalah tahun memperoleh penghasilan. jika membuat pertama pada tahun tertentu maka pilih normal.
Mengisi SPT Tahunan
isi tahun pajak dan status spt
6. nomor 1 diisi dari bukti pemotongan PPh 1721-A2 angka 10. nomor 2 diisi dari bukti pemotongan PPh 1721-A2 angka 19. dan seterusnya sesuai dengan petunjuk pada sisi kiri. jika selesai klik tombol berikutnya.
Mengisi SPT Tahunan
isi data spt huruf A
Mengisi SPT Tahunan
isi data spt huruf B
Mengisi SPT Tahunan
isi data spt huruf C
7. jika semua pertanyaan dari no 1 sampai 12 telah selesai, beri tanda centang pada kotak setuju (tanda panah). dan klik tombol berikutnya.
Mengisi SPT Tahunan
beri tanda centang
8. klik tombol disini (tanda panah) untuk mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email atau telepon anda. pilih email dan klik tombol ok.
Mengisi SPT Tahunan
klik disini
Mengisi SPT Tahunan
pilih email
9. buka email anda dan klik email baru berisi kode verifikasi. copy kode tersebut.
Mengisi SPT Tahunan
copy kode verifikasi
10. kembali ke website DJP, paste kode yang telah dicopy sebelumnya pada kotak verifikasi (tanda panah). kemudian klik tombol Kirim SPT. maka muncul pernyataan bahwa SPT telah berhasil dikirim.
Mengisi SPT Tahunan
paste kode verifikasi
Mengisi SPT Tahunan
spt telah dikirim
11. terlihat pada daftar SPT, SPT telah bertambah tahun 2015 yang baru saja di input.
Mengisi SPT Tahunan
data spt 2015 telah betambah
12. tunggu beberapa waktu maka anda akan mendapatkan BPE (bukti penerimaan elektronik) pajak anda via email.
Mengisi SPT Tahunan
bukti penerimaan elektronik pajak
demikian artikel Cara Pengisian SPT Online dan baca juga Panduan Lengkap Bidik Misi PDF. selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Pengisian SPT Online"

Posting Komentar